Judul : Memanfaatkan Internet untuk
Bisnis Online
Tulisan : 1
Kelas : 1EB30
UNIVERSITAS GUNADARMA
Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi 2014
Mata Kuliah : Softskill Pengantar Bisnis
Kelas : 1EB30
Nama : Nyimas Gusti Tunjung Arum
NPM : 28214301
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Beberapa tahun yang lalu masih banyak
perusahaan-perusahaan dan pelaku bisnis yang mengandalkan media cetak, televisi
serta radio dan membuka toko konvensional untuk memasarkan dan mempromosikan produk-produk
mereka. Tetapi di era modern ini semenjak adanya internet dan media sosial, masyarakat lebih banyak
menggunakan internet dan media sosial dalam kehidupan sehari-hari.
Meningkatnya pengguna internet setiap
harinya, ternyata tidak diabaikan begitu saja oleh para pelaku bisnis. Tak
heran banyak pebisnis yang membuat akun media sosial untuk memasarkan produk
mereka dibanding membuka toko konvensional.
BAB II
ISI
Perkembangan bisnis online sangat pesat.
Hal ini dapat dilihat semakin banyaknya iklan-iklan di internet yang ada di
Indonesia. Baik perusahaan besar, perusahaan menengah, ataupun industri kecil
seperti industri rumahan. Mereka berlomba-lomba untuk melakukan bisnis online
di internet, sebab bisnis online dapat menekan biaya promosi yang mahal dan
jangkauan penjualan yang luas. Keuntungan besar tersebutlah yang dimanfaatkan
pelaku bisnis Indonesia untuk mulai menjalankan bisnis online.
2.2.1 Pengertian
Bisnis Online
Bisnis online merupakan sebuah kegiatan bisnis yang
dilakukan secara online. Penjualan, Periklanan, dan Pemasaran produk melalu
internet.
Ø Hal yang harus
dilakukan saat berbisnis online
1. Proaktif.
Jadilah proaktif untuk membangun reputasi bisnis online Anda. Anda dapat menggunakan situs ulasan konsumen untuk menceritakan kisah unik bisnis Anda melalui teks dan gambar sehingga bisa mengundang orang untuk mengunjungi situs bisnis online Anda.
2. Mintalah umpan balik.
Mintalah umpan balik dari konsumen yang telah membeli barang Anda. Hal ini dapat membuat pelanggan Anda berpikir bahwa Anda adalah orang yang peduli. Umpan balik sendiri seringkali berisi kritik. Dari kritik inilah Anda bisa terus memperbaiki kinerja bisnis online Anda.
3. Tanggapi setiap ulasan.
Cobalah untuk selalu menanggapi setiap ulasan. Tetapi, jangan hanya tanggapi ulasan yang sifatnya positif saja. Berikan juga tanggapan untuk respon yang negatif sebab hal ini akan lebih menunjukkan bahwa Anda peduli pada semua orang, termasuk mereka yang tidak terlalu suka dengan produk Anda.
Jadilah proaktif untuk membangun reputasi bisnis online Anda. Anda dapat menggunakan situs ulasan konsumen untuk menceritakan kisah unik bisnis Anda melalui teks dan gambar sehingga bisa mengundang orang untuk mengunjungi situs bisnis online Anda.
2. Mintalah umpan balik.
Mintalah umpan balik dari konsumen yang telah membeli barang Anda. Hal ini dapat membuat pelanggan Anda berpikir bahwa Anda adalah orang yang peduli. Umpan balik sendiri seringkali berisi kritik. Dari kritik inilah Anda bisa terus memperbaiki kinerja bisnis online Anda.
3. Tanggapi setiap ulasan.
Cobalah untuk selalu menanggapi setiap ulasan. Tetapi, jangan hanya tanggapi ulasan yang sifatnya positif saja. Berikan juga tanggapan untuk respon yang negatif sebab hal ini akan lebih menunjukkan bahwa Anda peduli pada semua orang, termasuk mereka yang tidak terlalu suka dengan produk Anda.
Ø Hal yang tidak
boleh dilakukan saat berbisnis online
1.
Jangan berikan ulasan palsu.
Untuk menarik perhatian, biasanya produk yang dijual dilengkapi dengan ulasan yang terlalu positif, bahkan berlebihan. Biasanya, pada ulasan seperti itu banyak yang membuatnya sendiri, atau dengan kata lain merupakan ulasan palsu.
2. Menutup diri dengan ulasan yang buruk.
Jika ada pelanggan yang tidak puas dengan barang yang dijual dan kemudian membuat ulasan yang negatif, berikanlah perhatian lebih dan jangan pernah dibiarkan saja. Dengan memberikan pelayanan privat pada pelanggan jenis ini, maka ada kemungkinan mereka akan berubah pikiran, termasuk mengubah ulasan mereka sebelumnya. Nah, ulasan ini dapat sangat menarik pelanggan potensial bisnis Anda.
Untuk menarik perhatian, biasanya produk yang dijual dilengkapi dengan ulasan yang terlalu positif, bahkan berlebihan. Biasanya, pada ulasan seperti itu banyak yang membuatnya sendiri, atau dengan kata lain merupakan ulasan palsu.
2. Menutup diri dengan ulasan yang buruk.
Jika ada pelanggan yang tidak puas dengan barang yang dijual dan kemudian membuat ulasan yang negatif, berikanlah perhatian lebih dan jangan pernah dibiarkan saja. Dengan memberikan pelayanan privat pada pelanggan jenis ini, maka ada kemungkinan mereka akan berubah pikiran, termasuk mengubah ulasan mereka sebelumnya. Nah, ulasan ini dapat sangat menarik pelanggan potensial bisnis Anda.
3.
Jangan kasar kepada pelanggan.
Meskipun kadang pelanggan berprilaku kasar kepada Anda, jangan pernah sekalipun membalasnya. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda memperlakukan semua orang dengan hormat dan mencoba mengatasi masalah dengan solusi terbaik.
Meskipun kadang pelanggan berprilaku kasar kepada Anda, jangan pernah sekalipun membalasnya. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda memperlakukan semua orang dengan hormat dan mencoba mengatasi masalah dengan solusi terbaik.
v Kelebihan Bisnis Online
ü Biaya promosi yang murah
ü Modal yang dibutuhkan relatif lebih
sedikit
ü Bisnis berjalan otomatis
ü Jangkauan promosi dan penjualan lebih
luas
v Kekurangan Bisnis Online
ü Koneksi internet yang mahal
ü Sistem pembayaran yang rumit
ü Sulitnya membangun kepercayaan pada
konsumen
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Sebagian besar pelaku bisnis
memanfaatkan perkembangan pesat internet dan pengguna jejaring sosial untuk
memasarkan produk mereka sehingga produk mereka menjadi laris dibeli konsumen
dan bisnis mereka dapat berkembang.
3.2
Daftar Pustaka
§ berbagiuntuk-sahabat.blogspot.com tentang makalah tentang bisnis online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar