18/12/14

Kartu Indonesia Sehat (Softskill)

Judul              : Kartu Indonesia Sehat
Tulisan           : 4
Kelas              : 1EB30



UNIVERSITAS GUNADARMA
Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi 2014
Mata Kuliah : Softskill Pengantar Bisnis
Kelas : 1EB30
Nama : Nyimas Gusti Tunjung Arum
NPM : 28214301

BAB I
PENDAHULUAN

1.1          Latar Belakang

Presiden Joko Widodo meluncurkan program Kartu Indonesia Sehat (KIS) pada 3 September 2014 sebagai bentuk perealisasian salah satu program unggulannya. Diharapkan kebutuhan masyarakat akan kesehatan dapat terpenuhi melalui kartu tersebut. Namun, banyak yang menyangka, KIS merupakan pengganti dari kepersertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), padahal berbeda.

BAB II
ISI
KIS adalah penyempurnaan dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang digulirkan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jika JKN hanya dapat digunakan untuk pengobatan, maka KIS memiliki kelebihan karena dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan. 

2.1   Mengenal Tentang Kartu Indonesia Sehat / KIS

Ø  APA ITU KARTU INDONESIA SEHAT / KIS?
Kartu Indonesia Sehat atau KIS adalah Program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu yang berlaku nasional untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat kurang mampu.
Ø  FUNGSI KARTU INDONESIA SEHAT
KIS memiliki fungsi sebagai kartu jaminan kesehatan, yang dapat digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis di fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjutan, sesuai dengan kondisi penyakit yang diderita penerima KIS. KIS merupakan perluasan dari program Jaminan Kesehatan Nasional yang diluncurkan pemerintah sebelumnya, yaitu pada 1 Januari 2014.

Ø  CARA MENDAPATKAN KARTU INDONESIA SEHAT
Untuk tahap pertama, yang berhak mendapatkan Kartu Indonesia Sehat adalah yang punya Kartu Perlindungan Sosial (KPS). KPS merupakan kartu yang diterbitkan Presiden SBY, fungsinya sebagai “penanda rumah tangga miskin”.
Berikut caranya:
1. Anda datang ke kantor pos terdekat, membawa KPS. Kalau KPS hilang, Anda perlu menyertakan identitas lain dan surat keterangan dari kepala desa atau lurah.
2. Anda menyerahkan KPS ke petugas di Kantor Pos. Petugas akan segera mengecek. Jika KPS Anda hilang, bersabarlah, karena proses pengecekannya bisa lebih lama.
3. Setelah petugas mengecek KPS, Anda akan mendapatkan Kartu Indonesia Sehat

BAB III
PENUTUP
3.1   Kesimpulan
Dengan diluncurkannya Kartu Indonesia Sehat oleh Presiden Joko Widodo diharapkan masyarakat di Indonesia terutama yang kurang mampu mendapatkan layanan kesehatan yang baik dan gratis sehingga masyarakat lebih sehat.
3.1   Daftar Pustaka
§  yosuna.com/7542/pengertian-dan-fungsi-kartu-indonesia-sehat-kis
§  health.liputan6.com/read/2128474/tanya-jawab-tentang-kartu-indonesia-sehat-yang-dikelola-bpjs?p=2
§  klikbekasi.co/indonesiana/nasional/2014/11/03/cara-mendapatkan-kartu-keluarga-sejahtera-kartu-indonesia-sehat-dan-kartu-indonesia-pintar/

§  nasional.kompas.com/read/2014/11/03/06422781/Pukul.11.30.WIB.Presiden.Jokowi.Luncurkan.Kartu.Indonesia.Sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar