23/10/17

Tugas Softskill Etika Profesi Akuntansi 2

Nama          : Nyimas Gusti Tunjung Arum
NPM            : 28214301
Kelas           : 4EB37
Mata Kuliah : Etika Profesi Akuntansi

DIARY 2

Tgl 17 Oktober 2017
Pada saat saya perjalanan pulang kuliah menggunakan angkot, angkot yang saya tumpangi berhenti di tengah tengah jalan untuk menurunkan penumpang. Sehingga membuat kendaraan dibelakangnya ikut terhenti secara mendadak. Yang membuat macet jalan.

Tgl 18 Oktober 2017
Saya melihat banyak sekali ojek online parkir sembarangan di depan mall giant bekasi. Mereka parkir disana untuk menunggu penumpang. Padahal disana terdapat rambu dilarang parkir karena lokasi tersebut berdekatan dengan lampu merah. Yang jika dilanggar akan mengganggu ketertiban lalu lintas.

Tgl 19 Oktober 2017
Saya dan teman saya pergi ke daerah pondok gede untuk bertemu dengan adik saya yang kuliah di daerah tersebut. Di perjalanan, teman saya melakukan pelanggaran yaitu berjalan melawan arus. Itu sangat membahayakan diri sendiri dan juga penggunan jalan lainnya.

Tgl 20 Oktober 2017
Setiap hari jumat saya kuliah di kampus kalimas. Pagi harinya saya berangkat naik ojek online. Saat melewati arah jalan tol bekasi timur, saya melihat pelanggaran yaitu Ojek-ojek pangkalan yang menunggu penumpang dipinggir jalan tol. Tidak hanya itu, ketika bus menurunkan penumpang, mereka langsung menyerbu penumpang tersebut untuk menggunakan jasa mereka. Menurut saya itu adalah pelanggaran karena sudah jelas bahwa disana tidak boleh parkir ditambah lagi sikap mereka sangat mengganggu penumpang-penumpang yang baru turun dari bis.

Tgl 21 Oktober 2017
Hari ini saya pergi ke kampus depok untuk melakukan tes aptitude. Setelahnya saya pergi ke Mall Margo city. Saya melihat banyak orang yang menyebrang jalan sembarangan padahal sudah disediakan jembatan penyebrangan di dekatnya. Perilaku tersebut membuat macet jalan.

Tgl 22 Oktober 2017
Hari ini saya pergi ke tanah abang. Di perjalanan saya masih melihat banyak pelanggaran yaitu Mobil yang berjalan di jalur busway. Tidak hanya itu, di daerah pasar tanah abang, ada banyak Bajai ngetem dipinggiran pasar tanah abang padahal ada rambu dilarang berhenti. Itu membuat jalanan semakin semrawut.

Tgl 23 Oktober 2017
Saya lewat kemang pratama, pada saat itu sedang macet di depan sekolah sma marsudirini. Lalu tiba-tiba ada ojek jalan menyebrang dengan melewati trotoar taman yang seharusnya tidak boleh diinjak ataupun dilewati oleh motor.

CONTOH KASUS
Kasus PT Muzatek Jaya di tahun 2004
    Menteri Keuangan Sri Mulyani telah membekukan ijin AP (Akuntan Publik) Drs Petrus M. Winata dari KAP Drs. Mitra Winata dan Rekan selama 2 tahun yang terhitung sejak 15 Maret 2007. Kepala Biro Hubungan Masyaraket Dep. Keuangan, Samsuar Said saat siaran pers pada Selasa (27/3), menerangkan sanksi pembekuan dilakukan karena AP tersebut melakukan suatu pelanggaran atas SPAP (Standar Profesional Akuntan Publik).
   Pelanggaran tersebut berkaitan dengan pelaksanaan pemeriksaan audit terhadap Laporan Keuangan PT. Muzatek Jaya pada tahun buku 31 Desember 2004 yang dijalankan oleh Petrus. Dan selain itu, Petrus juga melakukan pelanggaran terhadap pembatasan dalam penugasan audit yaitu Petrus melaksanakan audit umum terhadap Laporan keuangan PT. Muzatek Jaya dan PT. Luhur Arta Kencana serta kepada Apartement Nuansa Hijau mulai tahun buku 2001 hingga tahun 2004. (Sumber:
https://rajadariusputra.wordpress.com/2016/11/30/10-contoh-kasus-pelanggaran-etika-profesi-tugas-3/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar