04/12/14

Memanfaatkan Sampah Plastik menjadi Peluang Bisnis. Softskill

Judul              : Memanfaatkan Sampah Plastik menjadi Peluang Bisnis
Tulisan           : 2
Kelas              : 1EB30



UNIVERSITAS GUNADARMA
Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi 2014
Mata Kuliah : Softskill Pengantar Bisnis
Kelas : 1EB30
Nama : Nyimas Gusti Tunjung Arum
NPM : 28214301

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Sampah plastik merupakan sampah yang paling banyak dibuang oleh manusia karena banyak orang yang menggunakan plastik untuk keperluan sehari-hari entah itu perorangan, toko, maupun perusahaan besar. Seiring dengan kemajuan jaman dan pola hidup manusia saat ini maka pemakaian plastik yang semakin tinggi akhirnya menimbulkan dampak negatif yaitu sampah. Sampah plastik memiliki waktu lama jika melewati proses daur ulang secara alami sehingga menjadi permasalahan serius karena memberikan kontribusi pada masalah pemanasan global. Pemanasan global berdampak pada kehidupan seluruh makhluk hidup di dunia.

BAB II
ISI
Salah satu yang bisa menjadi ide untuk menekan jumlah sampah plastik adalah mengolah sampah plastik menjadi produk keperluan rumah tangga yang bermanfaat. Tidak hanya menyelamatkan lingkungan dari pemanasan global, tetapi juga dapat mendatangkan keuntungan ekonomi.

2.1   Jenis-Jenis Plastik
11.    PET atau PETE adalah polyethylene terephtalate. Sering digunakan sebagai botol minuman, minyak goreng, kecap, sambal, obat maupun kosmetik. Plastik ini bertanda segitiga bernomor 1 yang biasanya terletak pada bagian bawah botol. Plastik jenis ini tidak boleh digunakan berulang-ulang atau hanya sekali pakai. Habiskan segara isinya, jika tutup wadah sudah terbuka. Semakin lama wadah terbuka, maka kandungan kimia yang terlarut semakin banyak. Jangan pernah digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas. Buang botol yang sudah lama ke tempat pembuangan sampah setempat.

22.       HDPE adalah High Density polyethylene. HDPE banyak ditemukan sebagai kemasan makanan dan obat yang tidak tembus pandang. Seperti urutannya, plastik ini berlogo segitiga bernomor 2. Plastik jenis ini digunakan untuk botol kosmetik, obat, cairan kimia, dll. Sama seperti jenis plastik sebelumnya, plastik ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai juga.

33.    Vinyl /PVC atau V atau Polyvinyl chloride. PVC sering digunakan pada produk mainan anak, bahan bangunan, dan kemasan pada produk makanan. Plastik ini berlogo segitiga bernomor 3. Plastik ini sangat sukar didaur ulang. PVC dianggap sebagai jenis plastik paling berbahaya. Kandungan zat berbahaya dalam PVC mudah lumer/luntur bila terkena makanan panas & berminyak. Bahkan di beberapa negara eropa, PVC sudah dilarang digunakan untuk bahan mainan anak.

44.    LDPE adalah low density polyethylene. LDPE biasa digunakan untuk membungkus makanan. Sesuai urutannya, plastik ini berlogo segitiga bernomor 4. Jenis plastik ini biasanya dipakai untuk tempat makanan dan botol yang lembek. Plastik yang terbuat dari bahan ini dapat didaur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Plastik dengan bahan dapat dibilang tidak dapat dihancurkan, tetapi tetap baik untuk makanan.

55.    PP adalah Polypropylene. PP merupakan plastik terbaik dan paling aman untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman. Polipropilen ini berlogo segitiga bernomor 5. Bahan ini merupakan bahan paling aman dan baik bahkan pada beberapa plastik tempat baterai gadget yang mengunakan plastik jenis ini. Jika anda memilih plastik terbaik, pilihlah plastik yang berlogo segitiga bernomor 5 ini.

66.    PS adalah polystyrene. PS merupakan plastik yang hanya digunakan sekali pakai. Contoh paling akrab adalah sterofoam. Kotak CD juga mengandung Polistirena. Kandungan bahan kimia plastik jenis ini berbahaya bagi kesehatan. Di negara seperti Amerika melarang pemakaan plastik jenis ini.

77.    PC adalah Polycarbonate. Jenis plastik ini bening, tahan panas dan bisa dipakai berulang kali. Plastik inilah berlogo segitiga bernomor 7. Salah satu bahan perlengkapan makanan dan minuman yang sering digunakan adalah melamin yang tergolong jenis plastik thermoset. Plastik jenis ini tergolong dalam food grade dan dapat digunakan sampai suhu 140 derajat celcius.

8.     Kategori 8 untuk jenis lainnya. Kategori ini mencakup semua jenis plastik yang tidak termasuk dalam ketujuh kategori di atas. Namun, bukan berarti plastik jenis ini aman sebagai wadah makanan, karena di dalam kategori ini termasuk polikarbonat yang dapat melepaskan BPA. Di dalam kategori ini juga ada bioplastik yang terbuat dari tepung jagung, kentang, atau tebu. Bioplastik aman sebagai kemasan makanan dan juga sangat mudah terurai secara biologis. Untuk jenis ini, sama sekali tidak mengandung Polikarbonat.

2.2  Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah   Plastik

F SPESIALISASI
Mulailah usaha ini dengan menjadi penyedia "bahan baku" terlebih dulu. Tentukan satu jenis produk saja. Dengan melakukan hal ini kita menjadi spesialis. Semakin banyak item produk yang ingin kita kuasai, semakin rumit pula penanganannya.

F STUDI KELAYAKAN
Setelah mengetahui apa yang diinginkan, kemudian lakukan dulu penelitian dilapangan untuk mendeteksi ketersediaan produk, titik-titik sumber bahan baku, kontak person, harga pasaran pembelian dan penjualan, kompetitor serta pasar penjualannya. Setelah itu, tuliskan semua hal-hal yang dibutuhkan untuk memulai seperti lahan penampungan sementara, modal awal untuk pembelian, transportasi dll. Hitung selisih penjualan dikurangi semua biaya untuk mengetahui seberapa besar keuntungannya. Tapi satu hal yang perlu diingat. Akan jauh lebih baik bila sudah ada pembeli-pembeli yang siap, bersedia dan mampu (ready, willing & able) menampung produk kita.

F MEMULAI USAHA
Bila semua hal diatas sudah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah mulai usaha dengan penataan tempat penampungan (tidak perlu besar). Kemudian bangun kerjasama dengan para pengumpul di TPA-TPA (orang biasa sebut dengan Pemulung/Scavanger), para pengepul dan pembeli. Siapkan dana pembelian sesuai kapasitas dan kemampuan pendanaan anda. Hindari memodali usaha ini dengan berhutang. Sortir produk yang akan anda beli sesuai dengan kondisi/spesifikasi yang diinginkan dan yang bisa diterima oleh pembeli anda. Mulailah usaha ini dengan skala kecil dahulu.

F PENGEMBANGAN USAHA
Buatlah evaluasi bulanan dari kegiatan usaha anda. Cari solusi dari setiap permasalahan yang timbul dalam proses usaha tersebut. Pastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar sesuai harapan anda. Kemudian anda bisa melakukan pengembangan dengan meningkatkan kapasitas produk. Sebaiknya tetap setia dengan satu jenis produk dulu sebelum melangkah ke produk lainnya.

2.3  Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan
Langkah awal mengolah sampah plastik menjadi kerajinan adalah memisahkan sampah kering dan sampah basah. Selanjutnya sampah kering seperti bungkus minuman ringan seperti kopi, susu dan mi instan dibersihkan. Setelah itu plastik-plastik yang telah dicuci dan dikeringkan kemudian dipotong-potong seperti pola barang kerajinan yang akan dibuat. Pola dibuat sesuai dengan bentuk barang yang akan dibuat. Setelah dipotong sesuai dengan pola, langkah selanjutnya adalah menjahit sesuai dengan pola tersebut. Yang diperlukan adalah ketelatenan dari penjahit. Atau dapat dikreasikan sesuai dengan kreasi sendiri seperti tidak hanya membuat baju tetapi dapat membuat tas, lampu hias, dll.
Saat ini kerajinan dari sampah plastik telah menjadi produk fashion tersendiri yang berasal dari barang daur ulang atau bisa disebut trashion. Trashion ini artinya fashion dari sampah. Dengan menjadi trashion nanti, produk kerajinan daur ulang sampah kering akan bisa dinikmati tidak saja kalangan masyarakat menengah ke bawah tapi juga kalangan menengah atas yang biasanya sangat memperhatikan kualitas produk kerajinan yang akan dibeli, dengan begitu terciptalah peluang bisnis yang bagus dan menguntungkan.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari hasil daur ulang, sampah plastik dapat menghasilkan nilai jual. Selain memberikan keuntungan dalam ekonomi dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, daur ulang juga membantu mengurangi pemanasan global yang salah satunya disebabkan oleh menumpuknya sampah plastik.
3.2  Daftar Pustaka
·         inginbisnis.com peluang bisnis daur ulang sampah plastik
·         academia.edu MAKALAH DAUR ULANG SAMPAH DISUSUN OLEH AHMAD HOERUL ANAM
·         fiqi15.mywapblog.com jenis jenis plastik
·         facebook.com Bisnis Plastik Daur Ulang




Tidak ada komentar:

Posting Komentar